Minggu, 07 Maret 2010

Aku Suka pisang goreng

Aku suka pisang goreng, tapi bukan karena manis pisangnya yang meluber di mulutku ketika kugigit. Bukan juga karena kerenyahan adonan tepung beras yang tergoreng kering ataupun karena rasanya yang menakjubkan.

Aku suka pisang goreng karena setiap aku menikmatinya, aku ingat. bahwa pisang ini adalah tanda syukur dari tetanggaku karena kebun pisangnya telah panen. sehingga aku juga ikut bersyukur.
setiap aku mengambilnya dari nampan, aku ingat. bahwa dahulu, ketika kami sekeluarga tinggal serumah, kami sering berebut utk mendapatkan pisang goreng yang terakhir.
Setiap aku menyantapnya, aku ingat. ingat akan teman-temanku, keluargaku, yang juga menyukai pisang goreng. Gelegar Tawa mereka, Candaan bejatnya, Pokoknya segalanya tentang mereka.

aku mengingat kebersamaan itu.
aku mengingat rasa syukur itu.
aku mengingat canda tawa yang menyelingi ritual penyantapan ini.

Aku suka pisang goreng, bukan karena tekstur pisangnya yang lembut Ataupun kenikmatannya saat menyantapnya hangat.

aku suka pisang goreng, karena memori kebersamaan tersimpan dalam setiap gigitannya.
aku jadi mengingatmu, mengingat ayahku, mengingat ibuku, menginagt saudaraku, dan mengingat sahabat-sahabatku yang berebut menikmati satu pisang goreng terakhir.


Hahaha :)
mungkin bagi kalian semua ini adalah sebuah hal yang geje, satu puisi khusus yang dipersembahkan untuk pisang goreng?
tapi seperti biasa, ini adalah analogi.
analogi kehidupan.
analogi cinta.
dimana ketika kita mengabadikan satu momen pada satu benda.Aku telah memilih pisang goreng utk mengabadikan momen kebersamaanku.
Aku juga telah memilih seseorang dimana kujadiakn ia momen-momen kehidupanku.

1 komentar: